Fakultas Kedokteran UMSU melakukan yudisium dan mengangkat sumpah 15 orang dokter yang berhasil lulus ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) secara nasional tahun 2017, di Aula gedung baru FK lantai 4 Kampus  Jalan Gedung Arca Medan, Sabtu (11/2).

Acara yudisium ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan FK dr Ade Taufiq, SpOG oleh Wakil Dekan I dr Makmur Husaini tentang Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter 2017 terhadap 15 mahasiswa yang lulus UKMPPD diadakan Kemenristek Dikti.

Kemudian, 15 lulusan mengucapkan sumpah dokter yang dipimpin oleh ustadz Maulana Siregar di hadapan Rektor Dr Agussani, MAP, Wakil Rektor, II Akrim, M.Pd, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th, Dekan FK UMSU dr Ade Taufiq, Sp.OG,  staf ahli rektor bidang pendidikan Prof Dr Gusbakti serta para orangtua lulusan dan undangan termasuk dr Zulkarnaen Tala.  Memasuki acara puncak prosesi yudisium, rektor menandatangani naskah sumpah dokter, kemudian menyerahkan naskah  sumpah dan medali kepada 15 lulusan dokter. Rektor juga menyerahkan cenderamata kepada lulusan terbaik dr Ayuna Yasrah dengan IPK 3,6.

Rektor Dr Agussani, MAP mengucapkan selamat kepada 15 mahasiswa lulusan dokter. Rektor berharap para lulusan memberikan pelayanan medis secara Islami kepada masyarakat. Untuk itu, kita harus bangga dokter Islami menjadi ciri lulusan FK UMSU. “Inilah menjadi pembeda dari lulusan universitas lain. Para orangtua harus bangga anaknya selama belajar di kampus ditempa dengan metode dan lingkungan Islami,” kata rektor disambut haru biru para lulusan dan orangtua.

Menurut rektor, ciri keislaman pada lulusan paling tidak setiap calon dokter punya hafalan surah pendek Alquran.

Rektor Dr Agussani mengatakan FK UMSU terus berbenah sejalan dengan semakin tinggi tingkat kelulusan mahasiswa dalam mengikuti UKMPPD secara nasional mencapai 80 persen sehingga UMSU pada tahun ini mendapat kuota penerimaan mahasiswa 120 orang.  Ke depan, menurut rektor, FK akan bekerja keras untuk meningkatkan Akreditasi fakultas menjadi A. Untuk mengejar kemajuan itu, UMSU telah menyekolahkan 22 tenaga pengajar untuk mendapatkan spesialis dan pendidikan tingkat doktoral. Selain itu sejumlah rumah sakit berbintang empat  bersedia menjalin mitra sebagai rumah sakit pendidikan.

Kini FK UMSU memiliki gedung baru empat lantai dan terdapat satu aula yang digunakan pada yudisium angkatan IX pada hari ini. Penambahan sarana dan prasarana ini sebagai bentuk komitmen universitas dalam melakukan inovasi sesuai amanat PP Muhammadiyah. Diharapkan penambahan sarana dan prasarana dapat  memberikan pelayanan dan suasana belajar yang nyaman bagi mahasiswa.
“Alhamdulillah perkembangan FK dari awal berdiri dan penerimaan mahasiswa baru pada tahun 2008 hingga kini cukup menggembirakan atas kerja keras pimpinan universitas dan fakultas,” katanya.

Dekan FK UMSU dr Ade Taufiq , Sp.OG menambahkan yudisium yang dilaksanakan ini berdasarkan hasil UKMPPD yang berstandar nasional. FK  UMSU setiap tahun selalu meraih kelulusan  terbaik di Indonesia sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan studi 5 tahun setengah. dr Ade Taufiq mengingatkan keberhasilan meraih profesi dokter bukan akhir dalam kependidikan melainkan banyak tantangan yang lebih besar di depan mata. Salah satunya masih banyak masyarakat yang berobat di Malaysia.  Dia berharap lulusan FK UMSU yang telah memiliki kompetensi, skill dan integritas dapat menjawab persoalan tersebut dan menjadi dokter sebagai tuan rumah di negeri sendiri. Dia yakin lulusan FK UMSU selalu berpegang teguh pada sumpah dan kode etik kedokteran.

Sementara dr Ayuna Yasrah, lulusan terbaik menyampaikan komitmen para lulusan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat untuk bangsa. Selain itu berupaya untuk menjadi dokter yang unggul, cerdas dan terpercaya. Dia mengatakan UMSU telah menunjukkan komitmennya menjadikan Fakultas Kedokteran yang berkualitas yang ditandai dengan banyak mahasiswa yang lulus UKMPPD secara nasional sebagai syarat puncak meraih puncak profesi dokter.

Nama-nama peserta Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan IX FK UMSU:

  1. dr. Ayuna Yasra
  2. dr. Sukhrian Muda
  3. dr. Ali Akbar
  4. dr. Muhammad Natsir Ilvira
  5. dr. Fatimah
  6. dr. Mery Silvia Harahap
  7. dr. Putri Indah Sari
  8. dr. Dewira Handayani
  9. dr. Maulina
  10. dr. Nanda Rizky Rahmana
  11. dr. Winda Triani Maldalosa
  12. dr. Fauzan Riani
  13. dr. Sudarman
  14. dr. Dila Elfa Yunda Boru Bangun
  15. dr. Triasfiko Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *