Sebanyak 3 dosen FK UMSU mempresentasikan seminar hasil penelitian desentralisasi dari skim Penelitian Dosen Pemula (PDP) di Gedung Pasca Sarjana UMSU pada tanggal 21 Februari 2017. Presentasi seminar hasil dibuka Rektor UMSU diwakili Wakil Rektor UMSU, Dr Muhammad Arifin Gultom, SH, M.Hum.

Acara ini dihadiri Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMSU Dr Muhammad Said Siregar, MSi, Sekretaris T Riza Zarzani, M.Hum, Reviewer nasional DIKTI Badaruddin dan Reviewer UMSU Sulhati.

1

WR 1 UMSU mengatakan, saat ini UMSU telah mencapai klaster utama di bidang penelitian, maka kinerja ke depan harus terus ditingkatkan agar dapat menyerap dana Dikti. Targetnya kedepan, harus mencapai klaster mandiri. “Saya minta agar dosen UMSU terus meningkatkan kinerja agar dapat menyerap dana riset dari DIKTI. Mempertahankan tingkat klaster, tetapi kedepan ditargetkan untuk mencapai tingkat klaster mandiri,” katanya.

Untuk mendukung kenaikan tingkat klaster kedepan UMSU akan menerapkan proses belajar mengajar berbasis riset. Pendidikan berbasis riset di di antaranya metode pendidikan dimana mahasiswa menjadi pusat utama proses belajar mengajar, proses mendapatkan ilmu pengeathuan, mahasiswa bersifat aktif dan bukan pasif menerima ilmu dari dosen. Dosen bersifat sebagai fasilitator proses pembelajaran bukan sebagai sumber ilmu, dan mahasiswa aktif bertanya, berdikusi melakukan literature review, mengemukakan pendapat melalui presentasi.

Sementara karakteristik dosen untuk pendidikan berbasis riset dijelaskan, yakni open minded, berwawasan terbuka, egaliter, tidak memandang dirinya paling pintar dan paham di kelas, mampu membimbing mahasiswa mengeksplorasi topik dengan cara yang menarik, senantiasa memberikan data/bahan ajar dan hasil riset mutakhir kepada mahasiswa, dan mampu menjaga suasana akademik yang sehat di kelas dan kawasan kampus.

Ketua LPPM UMSU, Dr Muhammad Said Siregar, M.Si menyampaikan 3 dosen FK UMSU yang akan mempresentasikan seminar hasil desentralisasi yakni:

  1. dr Humairah Medina Liza Lubis, M.Ked.(PA), Sp.PA dengan judul Potensi Ekstrak Buah Legundi (Vitex trifolia) sebagai Penghambat  Pembelahan dan Pertumbuhan Sel Tumor Kulit pada Tikus Putih yang Diinduksi Benzoalphapyrene.
  2. dr Siti Masliana, Sp.THT-KL dengan judul Diagnosis Cepat (Rapid Diagnosis) dengan Menggunakan Tes Sederhana dari Sekret Hidung pada Penderita Risonisusitis Bakteri.
  3. Emni Purwoningsih, S.Pd., M.Kes dengan judul Efektifitas Antioksidan Ekstrak Buah Kari (Muraya Kkoenigi) terhadap Sel-B Pankreas Tikus Putih yang Diinduksi Steptozotosin.

 

 

2

2 Comments

    • Aamiin

      adminisfk Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *