prestasikoopertis

Muhammad Al Anas akhirnya terpilih sebagai juara 1 dalam seleksi mahasiswa berprestasi tingkat perguruan tinggi swasta di Sumut yang dijaring oleh Kemenristek Dikti melalui Kopertis, dua pekan lalu.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini secara otomatis akan memimpin  mahasiswa PTS se-Sumut untuk berkompetisi meraih mahasiswa berprestasi antar perguruan tinggi tingkat nasional.

Sebelumnya, Muhammad Al Anas  menyisihkan teman-temannya se-UMSU. Begitu juga dia harus melewati 36 peserta dari 36 PTS yang masing-masing mengirim mahasiswanya yang terbaik.
“Dua hari di Kopertis mengikuti seleksi dengan berbagai mata uji seperti karya tulis, IPK, prestasi/sertifikat dan kemampuan bahasa Inggris. Alhamdulillah semuanya dapat saya lalui dengan baik,” katanya, Selasa (25/4).

Dia menceritakan pengalamannya bagaimana harus bertemu dengan penguji dari para ahli di bidang keilmuan masing masing. Pertama ada rasa bersebar-debar dan takut apa yang dijawab tidak tepat, selanjutnya muncul percaya diri bahwa dirinya pasti bisa yang pada akhirnya dia menggenggam juara 1 dengan nilai 98. Dari hasil seleksi diambil 6 orang dari Kopertis Wilayah I untuk dikirim ke nasional mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi.

Menurut Muhammad Al Anas,  karya tulis (KTI) yang diusungnya  dengan judul  “Deteksi Dini Gangguan Psikologis dan Fisiologis pada Perokok menggunakan Indikator Klinis”  menyumbang angka penilaian. Tema karya tulis ilmiah ini memang disesuaikan dengan asal fakultas masing-masing.

Prestasi ini sebenarnya bisa dicapai  semua mahasiswa. Untuk itu dia ingin berbagi pengalaman dan ilmu karena ini hal yang positif, meski prestasi ini belum selesai karena masih ada seleksi tingkat nasional. Namun, katanya, pengalaman dan ilmu harus di-share kepada orang lain. Apa dan bagaimana caranya? Ada dua langkah, katanya, yakni pertama, mahasiswa harus fokus  sama tujuan utama kuliah. Kedua, selalu memberikan upaya terbaik dalam segala sesuatu dan biarkan Allah Swt yang menentukan hasilnya bagaimana. Dari situ tentu kemudian dia merasa bangga bisa mewakili Fakultas Kedokteran, UMSU dan memimpin PTS se Sumut atau mewakili Kopertis I “unjuk gigi” di tingkat nasional.

Kini, Muhammad Al Anas dapat memantik semangat teman-teman atau adik-adik Angkatan 2016 baik di FK dan fakultas se UMSU untuk terus berupaya menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain dan terus berupaya penuh dalam tiap upaya yang dilaksanakan.

Tak lupa di balik prestasi yang diraih, dia mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt dan kedua orangtua. Selai itu seluruh dosen pembimbing saya baik dari Fakultas Kedokteran, Unit Pengembangan Kreatifitas Ilmiah (UPKIM) UMSU, dekanat serta Rektor UMSU Dr Agussani yang memberikan dukungan penuh untuk kesuksesan yang telah dia raih. Dia  dapat katakan bahwa setiap upaya yang dilakukan selalu difasilitasi penuh oleh UMSU untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

UMSU tidak main main ketika menyatakan “Unggul, Cerdas, dan Terpercaya” karena setiap upaya yang dilakukan UMSU selalu berharap setiap mahasiswanya dapat menjadi versi terbaik dari dirinya. Akhirnya Muhammad Al Anas mengatakan bangga menjadi mahasiswa berprestasi yang membawa nama UMSU. Dia berharap doa pengiring dari teman, dosen dan Rektor UMSU untuk melangkah meraih mahasiswa berprestasi tingkat nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *