akpolcbt

Untuk pertama kali, Polisi Daerah Sumatera Utara menggelar ujian akademik taruna Akpol 2017 menggunakan model Computer Based Test (CBT) selama dua hari Rabu dan Kamis (26/6) di ruang CBT Fakultas Kedokteran UMSU Lantai 6 Gedung Pascasarjana Jalan Denai Medan.

“Seleksi Akpol tahun ini diikuti 92 peserta untuk diambil sesuai kuota sekitar 15 orang kemudian dikirim ke Jakarta. Tapi ini yang pertama model seleksi akademik menggunakan CBT,” ungkap Kepala Tim Penerimaan Taruna Akpol 2017 Kombes Pol Eldi Yudianto, kemarin.

Dijelaskan,dalam seleksi akademik calon taruna Akpol Tahun 2017, Poldasu memanfaatkan fasilitas CBT yang dimiliki FK UMSU karena peralatan yang dimiliki cukup baik dan canggih. Hanya karena pelaksanaan test akademik dengan CBT baru pertama kali digelar sehingga perlu ada penyesuaian sistem.

Selain UMSU, ada beberapa lokasi yang digunakan Poldasu untuk seleksi akademik calon anggota Polri, baik tamtama, bintara dan Akpol diantaranya, Unimed, USU dan beberapa lembaga pendidikan swasta. Hanya UMSU khusus untuk seleksi calon siswa Akademi Kepolisian .

Menurut Kepala SPN Sampali ini, UMSU memiliki fasilitas CBT yang cukup representatif. Untuk itu pihak Poldasu akan terus bekerjasama dengan UMSU.Seleksi Taruna Akpol dengan CBT ini dilakukan secara offline sebelumnya dilakukan secara manual dengan menggunakan kertas.

Poldasu, menurut Kombes Pol. Eldi Yudianto, memberikan apresiasi kepada UMSU karena telah menyediakan fasilitas CBT. Dengan sistem CBT, lanjutnya, pelaksanaan ujian Akpol jauh lebih baik, efektif, cepat serta transparan dibandingkan secara manual. “Kami menyambut baik UMSU memiliki fasilitas CBT yang berkualitas. Tidak banyak perguruan tinggi di Sumut maupun di Medan yang memiliki CBT,” katanya.

Poldasu menginginkan dengan sistem komputer CBT ini, seleksi Taruna Akpol ini berjalan lebih transparan dan akuntabel. Selain itu, seleksi berjalan cepat, tepat dan efisien. Sebelumnya, Kapoldasu Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel didampingi Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandi Nugroho dan pejabat di Poldasu didampingi Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengunjungi ruang komputer CBT UMSU di Kampus III Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan. CBT ini dimanfaatkan UMSU untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru. Melalui CBT itu, calon mahasiswa dapat mengetahui langsung kelulusannya.

Sementara, Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP mengatakan, secara prinsip UMSU siap membantu upaya-upaya yang mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pemanfaatan fasilitas pendidikan yang dimiliki. Bukan cuma seleksi, UMSU juga siap untuk melakukan asessmen dalam rekrutmen calon pejabat di perusahaan daerah maupun lembaga pemerintahan.

“UMSU memiliki fasilitas dan SDM yang cukup untuk melakukan assesmen calon pejabat maupun pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM lembaga atau perusahaan,” katanya.

Ditegaskan, UMSU prinsipnya siap untuk membangun kerjasama dalam rangka penguatan dan peningkatan SDM di lembaga swasta maupun pemerintahan. Kerjasama itu sendiri merupakan bagian dari wujud pelaksanaan catur darma perguruan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *