Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani, MAP menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia di Kampus Utama Jalan Kapt. Mukhtar Basri Medan, yang berlangsung secara khidmat, Kamis (17/8).

Dalam amanatnya, Rektor Dr Agussani  mengajak sivitas akademika UMSU untuk terus memberikan kontribusi pada bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, penguatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (Tridharma dan Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah).  Dengan semangat kemerdekaan yang luar biasa dirayakan pada tahun ini, dapat mewujudkan apa yang kita cita-citakan sekaligus meningkatkan rasa syukur kepada Allah Swt.

Rektor juga menularkan bagaimana kegigihan para pahlawan terutama dari tokoh-tokoh Muhammadiyah seperti Ki Bagus Hadikusumo dan Abdul Kahar Muzakkir kepada para sivitas akademika.

Menurut Rektor, mereka mempertaruhkan jiwa dan raga untuk merebut  kemerdekaan. Untuk itu semangat dan kerja keras dalam diri para pejuang kemerdekaan, lanjutnya, harus mengalir di dalam jiwa para sivitas akademika agar UMSU tetap hadir di tengah masyarakat  memberikan pelayanan pendidikan berkualitas yang berkualitas dan  menghasilkan lulusan yang berdaya saing, punya etos kerja yang tinggi dan religius.

Bermula dari semangat kemerdekaan ini, menurut rektor, UMSU akan selalu  berperan mengisi dan melanjutkan  kemerdekaan bangsa ini secara paripurna.

“Mari kita isi kemerdekaan ini dengan penuh semangat dan kerja keras. Peringatan hari kemerdekaan ke-72 ini sebagai momentum untuk meningkatkan daya saing dan spirit sivitas akademika UMSU untuk melahirkan lulusan dan generasi muda yang terbaik sebagai penerus kepemimpinan bangsa,” katanya.

Pada akhir pidatonya, Rektor Dr Agussani mengatakan rasa bangganya karena sivitas akademika UMSU menyambut hari kemerdekaan pada tahun ini dengan penuh semangat dan kerja keras.  Dia juga tidak lupa menyampaikan UMSU akan menjadikan momen-momen bersejarah ini sebagai agenda universitas yang terus ditingkatkan agar menjadi penyemangat dalam memajukan  amal usaha Muhammadiyah ini agar tetap dipercaya dan dicintai oleh generasi muda.

Diketahui dalam upacara penggerekan bendera dan pembacaan teks proklamasi ini, ratusan sivitas akademika UMSU secara serentak menggunakan pakaian dengan motif merah putih. Semangat merah putih ini kemudian menjadi momen bersejarah yang rugi dilewatkan bagi sivitas akademika untuk saling foto bersama dan berselfi dengan rektorat dan pimpinan fakultas. Kemudian dilanjutkan dengan santap soto bersama. Turut hadir dalam upacara WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, WR II Akrim, M.Pd, WR III Dr Rudianto, M.Si, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Pd, Direktur Pascasarjana Prof Dr Ediwarman, ustadz  Amhar Nasution juga sebagai dosen, pimpinan fakultas serta para dosen/pegawai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *