img_3799
Sebanyak 20 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) UMSU dinyatakan lulus dan berhak mengikuti prosesi Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XI di Auditorium FK UMSU, Jalan Gedung Arca Medan, Rabu (23/8/2017).

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP melalui WR I Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH, M.Hum mengatakan, yudisium dan pengangkatan sumpah dokter merupakan satu kebanggaan tersendiri karena mereka yang mengikuti prosesi tersebut berhasil lolos seleksi ujian kompetensi mahasiswa pendidikan profesi dokter (UKMPPD) yang dilaksanakan secara nasional.  Hasil UKMPPD ini bisa jadi  merupakan salah satu bukti kualitas pendidikan kedokteran yang dilaksanakan di fakultas.

Untuk itu, ia mengucapkan apresiasinya kepada pimpinan FK UMSU karena apa yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan panjang yang disertai tekad dan semangat yang kuat untuk meraihnya. “Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan fakultas atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas, bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi,” ungkap Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH, M.Hum.

Lanjut WR I, berpesan kepada para peserta Yudisium hormati dosen dan guru yang telah membantu kalian menjadi seorang dokter dan jangan sombong telah menjadi dokter serta terus menuntut ilmu guna mengaplikasikannya kemasyarakat, jangan berhenti sampai disini karena seorang dokter harus bertanggungjawab terhadap kesehatan masyarakat. Setelah ini masih banyak lagi yang harus dilalui terutama intersip dokter yang merupakan kewajiban seorang dokter untuk mengikutinya.

“Sebuah kebanggan tersendiri bagi kita bila kedepannya nanti ada dokter lulusan UMSU tentunya dokter yang berbeda karena ia sebagai dokter islami dan menjadi pelopor penyambung lidah UMSU kepada masyarakat,” pungkasnya.

Dekan FK UMSU, dr Ade Taufik Sp OG pada kesempatan itu menyampaikan bahwa ke 20 dokter yang disumpah ini merupakan mahasiswa yang telah berhasil lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) secara nasional diadakan Kemenristek Dikti Tahun 2017. Dengan demikian, FK UMSU yang berdiri sejak Tahun 2008 telah berhasil melahirkan sebanyak 138 dokter yang siap dan telah mengabdi ditengah-tengah masyarakat.

Kepada para dokter yang baru disumpah, Ade Taufik mengucapkan selamat kepada para yudisium yang sudah resmi menjadi dokter dan Dekan juga menantang para dokter yang baru dilantik untuk tidak hanya menjadi seorang dokter umum saja, melainkan terus melanjutkan pendidikan baik S2 maupun spesialis. UMSU akan memfasilitasi keinginan dokter yang mau melanjutkan pendidikan.

Menurut Dekan, FK UMSU sejauh ini telah sukses membawa nama baik universitas dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih baik di tingkatan dosen maupun mahasiswa. Terbaru mahasiswa FK UMSU atas nama Muhammad Al Anas terpilih sebagai terbaik pertama mahasiswa berprestasi 2017 tingkat Kopertis Wilayah I. Juara umum III Internasional Medical Olympiade yang merupakan satu-satunya Universitas Swasta yang menjadi Juara. Dan tahun 2016 menjadi Juara I dibidang Gastrointestinal tingkat nasional.

Acara yudisium ini ditandai dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan FK dr Ade Taufiq, SpOG oleh Wakil Dekan I dr Makmur Husaini, DTM&H, Sp.ParK tentang Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter 2017 terhadap 20 mahasiswa yang lulus UKMPPD diadakan Kemenristek Dikti. Kemudian, 20 lulusan mengucapkan sumpah dokter yang dipimpin oleh ustadz Maulana Siregar di hadapan WR I Dr. Muhammad Arifin Gultom, SH, M.Hum, Dekan FK UMSU dr Ade Taufiq Sp OG,  staf ahli rektor bidang pendidikan Prof Dr Gusbakti serta para orangtua lulusan dan undangan. Memasuki acara puncak prosesi yudisium, WR I menandatangani naskah sumpah dokter, kemudian menyerahkan naskah sumpah dan medali kepada 20 lulusan dokter. WR I juga menyerahkan cenderamata kepada lulusan terbaik dr Alamsyah Santosa dan hiburan dari peserta yudisium dr Bambang Rojullun Taufik dan dr Dwi Ariska.

Lulusan terbaik Yudisium XI FK UMSU, dr Alamsyah Santosa dalam penyampaiannya menyatakan kalau keberhasilannya tidak terlepas dari kedua orangtuanya yang banyak membimbingnya, kepada teman-teman dia berpesan bahwa Orang sukses adalah orang yang satu langkah berdiri didepan kegagalannya. Ia juga berharap kedepannya agar FK UMSU dapat lebih exsis dan lebih banyak lagi lulusan dokter dari UMSU yang berprestasi, sehingga dapat dipercaya dikalangan masyarakat umum.

Ke 20 dokter yang mengikuti prosesi Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XI FK UMSU di Tahun 2017 ini yaitu dr Alamsyah Santosa, dr Afrida Yanthi Siregar, dr Aminah Marhani Hasibuan, dr Ayu Ika Andira, dr Ayuni Mulia Siska, dr Bambang Rojullun Taufik, dr Dwi Ariska, dr Fildzah Zhafira Yumna Sibarani, dr M. Anis Fikhry Dalimunthe, dr Muhammad Reza Hariansyah Sitepu, dr Maya Wiji Pratiwi, dr Mawaddah, dr Nurginasih, dr Ratika Ayu, dr Rini Ansyah, dr Sry Rahmawaty, dr Wahyu Keumala Putri, dr Alkhairi Santi, dr Rezka Silvawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *