qurban1438

Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Sabtu (2/9), berbagi hewan kurban berupa 12  ekor sapi kepada masyarakat di sekitar  tiga lokasi kampus UMSU pada Idul Adha tahun ini. Sementara 35 ekor sapi disembelih di halaman parkir Kampus Utama Jalan Kapt. Mukhtar Basri.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP menyerahkan tiga ekor sapi secara simbolis kepada Lurah Glugur Darat II Kecamatan Medan Timur Nuriyanto di Jalan Ampera di belakang  Kampus UMSU utama, di hadiri Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin Gultom, Wakil Rektor II Akrim, M.Pd, Wakil Rektor III Dr Rudianto, M.Si, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th, pimpinan fakultas, lembaga, masyarakat serta Kepling se-Kelurahan Glugur Darat II penerima hewan kurban.

Saat menyerahkan sapi kepada lurah, Rektor Dr Agussani mengatakan jumlah hewan kurban UMSU setiap tahun meningkat. Tahun ini UMSU menghimpun 47 ekor sapi kurban sivitas akademika dan mitra perbankan. Penyerahan hewan kurban kepada masyarakat, lanjut rektor, sebagai bentuk komitmen UMSU dalam melakukan Tridharma Perguruan Tinggi  salah satunya Pengabdian kepada Masyarakat. 12 sapi  telah disebar  ke masyarakat di Kecamatan Medan Denai (dekat Kampus Pascasarjana), masyarakat di Kecamatan Medan Kota (dekat kampus Kedokteran) dan masyarakat Kecamatan Medan Timur (Kampus Utama).

Rektor menegaskan UMSU telah dipercaya oleh masyarakat sehingga tidak dapat terpisahkan dari masyarakat. Untuk itu program sosial yang digulirkan setiap hari besar nasional dan keagamaan menjadi kalender tahunan universitas. Sivitas akademika mengambil momentum pada hari raya kurban untuk meningkatkan rasa kepedulian sosial agar meraih nilai ketakwaan.

“Pada hari raya kurban ini UMSU sengaja berbagi hewan kurban kepada masyarakat untuk meningkatkan rasa kepedulian sesama dan ketakwaan serta melatih rendah hati para sivitas akademika  kepada saudara-saudara kita sekaligus membangun tali silaturahim,” katanya.

Rektor Dr Agussani menyampaikan kepada masyarakat pada 4 September UMSU menyambut kedatangan ribuan mahasiswa baru untuk mengikuti PKKMB dan Masta.

Rektor mengajak masyarakat sekitar kampus sama-sama menyambut mahasiswa baru dari berbagai daerah. Para orangtua menitipkan anak-anaknya untuk dididik, maka UMSU dan masyarakat akan menyambut serta mendampangi mahasiswa baru.

“Mari kita jaga situasi kampus. UMSU merasakan betul keamanan dan hubungan yang baik dengan masyarakat. Kami berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan pelayanan kualitas pendidikan dan lulusan,” ujarnya.

Sementara itu Lurah Glugur Darat II Nuriyanto mengatakan, masyarakat di Kelurahan Glugur Darat II mengucapkan terimakasih kepada rektor yang telah menyerahkan langsung hewan kurban kepada masyarakat. Kepedulian sosial ini, lanjutnya, harus menjadi contoh bagi perguruan tinggi yang lain.  Dia mengapresiasi upaya rektor yang terus memotivasi para sivitas akademika untuk menambah hewan kurban setiap tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *