img_7493-1Workshop KKD IV yang di buka oleh Sekretaris Prodi dr. Desi Isnayanti, M.Pd, Ked, merupakan bagian dari program divisi Ketrampilan Klinik Dasar (KKD) yang bertujuan untuk menyamakan persepsi bagi setiap dosen yang akan mengevaluasi hasil pembelajaran di setiap akhir semester guna memperoleh metode pembelajaran yang terbaik bagi mahasiswa FK UMSU.

Beliau menceritakan awalnya divisi KKD hanya mengadakan brifing sebelum kegiatan KKD yang di lakukan oleh para expert yang di hadiri dosen, namun seiringnya waktu dan hasil evaluasi menyatakan kurang efektif maka di lakukanlah kegiatan workshop KKD yang di hadiri oleh instruktur dan juga dosen. Dari sudut pandang mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat karena mereka bisa langsung melihat para expert memberikan penjelasan tentang ketrampilan klinik dasar tersebut.

Penuh pengharapan, mahasiswa mendapatkan prime knowledge dari acara ini yang nantinya akan memasuki kegiatan akademik .

Ketua Divisi KKD dr. Debby Mirani Lubis, M.Biomed sempat mengapresiasi kehadiran mahasiswa yang sangat antusias mengikuti workshop tersebut. Beliau juga memaparkan bahwa workshop ini untuk pertama kalinya di ikuti atau di hadiri oleh mahasiswa yang kedepannya akan masuk di semester atau blok selanjutnya terutama blok Endokrinology dan blok Metabolisme dan Nutrisi.

img_7516-1Acara workshop yang di adakan tanggal 2 -3 maret 2018 ini terdiri dari beberapa materi workshop, di hari pertama (2 maret) di antaranya pemeriksaan tanda vital dan fisik dasar, pemeriksan fisik endokrin (palpasi, auskultasi tiroid, inspeksi kelenjar endokrin lain), Pemeriksaan KGD, kolesterol, asam urat, tekhnik pemberian insulin (tekhnik injeksi subkutan), dan juga anamnesis sistem endokrin dan konseling yang di paparkan oleh pemateri dr. Ahmad Handayani,Sp.JP  yang merupakan expert di bidang sistem endokrinology. Kemudian materi selanjutnya mengenai pengukuran berat dan tinggi badan, lingkar pinggang serta IMT, menentukan kalori basal dan kalori harian pada kondisi khusus di praktekkan oleh dr.Amelia Eka Damayanty, M.Gizi.

img_7561-1Di hari ke dua (3 maret), dr.Zaldi,Sp.M memaparkan berbagai cara tekhnik pemeriksaan pada mata terutama pemeriksaan oftalmologi, buta warna dan funduskopi, kemudian di ikuti dengan visus dan koreksi. Materi selanjutnya masih mengenai pemeriksaan mata, Wakil Dekan I dr. Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL dan dr. Mhd. Edy Syahputra Nasution, M.Ked(ORL-HNS),Sp THT-KL juga ikut ambil bagian dalam acara ini, masing-masing memaparkan tekhnik anamnesis dan pengambilan benda asing pada mata, kemudian di lanjutkan anamnesis THT, pemeriksaan telinga dan hidung, pemeriksaan benda asing dari hidung dan telinga, serta menghentikan pendarahan di hidung.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *