20180510_120954-tes

Dosen Fakultas Kedokteran UMSU yang tergabung dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMSU melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Masjid Nurul Huda Kelurahan Pangkalan Mashur Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, pada tanggal 10 Mei 2018 yang lalu. Kegiatan ini di danai oleh UMSU melalui skema hibah internal Program Pengabdian Masyarakat UMSU tahun 2017/2018. Kegiatan hibah ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan UMSU untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Tema kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan kali ini bertema membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan masjid dan remaja masjid. Tema ini diambil  karena Kecamatan Medan Johor merupakan salah satu wilayah binaan FK UMSU yang memiliki banyak pemuda yang telah tergabung di dalam Badan Koordinasi Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI). Pembinaan dan berbagai aktivitas diperlukan agar para pemuda terhindar dari penyalahgunaan Narkoba dan menjadi generasi penerus yang dapat dibanggakan. Dalam kegiatan ini remaja masjid difasilitasi dengan berbagai kegiatan kreatif yang dapat membina perilaku remaja agar bukan hanya tahan terhadap bujukan perilaku kemaksiatan seperti transaksi atau penggunaan Narkoba dan pencurian, namun mampu sebagai pemuda yang anti terhadap peredaran Narkoba sekaligus menjadi Kader Gerakan Anti Narkoba. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan dari Kepolisian Sektor Deli Tua yang memberikan materi sekaligus melantik peserta pengabdian masyarakat sebagai Kader Gerakan Anti Narkoba dan hadir pula dosen FK UMSU, dokter Ilham Hariaji, M. Biomed sebagai pemateri yang memberikan edukasi mengenai pentingnya menghindari penyalahgunaan Napza bagi generasi muda.

Menurut dokter Elman Boy, M. Kes, sebagai ketua tim pelaksana PKM ini bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini telah membuka diskusi aktif antara pengurus Masjid dan tokoh-tokoh masyarakat untuk meningkatkan upaya yang dapat menghasilkan sumber sumber ekonomi kreatif dan produktif bagi remaja masjid, antara lain usulan penanaman pokok cabai merah dan pemeliharaan ternak lele di di sekitar lahan kosong masjid. Kegiatan ini dipandang sangat positif menyalurkan energi dan kreatifitas remaja dalam hal yang produktif.

Kegiatan yang dibuka oleh Camat Kecamatan Medan Johor ini ditutup dengan pernyataan komitmen bersama oleh seluruh elemen masyarakat yang terlibat di dalam kegiatan ini  untuk bersama-sama memberantas penyalahgunaan Narkoba di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *