dokter-kecil-2

Program Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SD Muhammadiyah Melalui Pembinaan Dokter Kecil (Dokcil) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Dokter Muhammadiyah yang Militan dalam Dakwah dan Amaliyah Di Masa Depan

-Kerjasama Fakultas Kedokteran UMSU dengan Dinas Kesehatan Kota Medan-

Kegiatan Pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Muhammadiyah ini merupakan salah satu kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Pemenang Hibah Internal UMSU untuk kategori Pengamdian Kepada Masyarakat untuk Pengembangan Muhammadiyah yang merupakan Dosen Fakultas Kedokteran UMSU dan Fakultas Agama Islam UMSU yang di kordinir oleh dr. Hendra Sutysna, M.Biomed, dengan anggotanya dr. Desi Isnayanti, MPd.Ked dan Robbie Fanreza, SpdI, MpdI. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa-Rabu, 08-09 Aril 2018 di Ruang Aula Kampus Fakultas Kedokteran UMSU Jl. Gedung Arca No.53 Medan pada pukul 08.00 s/d 14.00 WIB. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan seremonial dengan menghadirkan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 23 dan SD Muhammadiyah 10 serta turut dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Medan, Kepala Puskesmas Simpang Limun dan Kepala Puskesmas Tegal Sari.

Setelah Acara dibuka oleh Pimpinan Fakultas Kedokteran UMSU, maka dilanjutkan dengan acara pemaparan materi. Adapun metode pelatihan Dokter kecil dan Pelatihan Guru UKS ini dibagi dalam 2 kelas berbeda yang berjalan paralel. Sehingga kegiatan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu 2 hari secara efisien. Pelatihan Dokter kecil ini dilatih oleh narasumber dari Tim trainer FK UMSU, Tim Trainer Dinkes Kota Medan serta Tim Puskesmas Simpang Limun dan Puskesmas Tegal Sari Medan. Pada Pelatihan Dokter Kecil Muhammadiyah ini diikuti oleh 20 orang siswa pilihan dari masing-masing sekolah sehingga total pesertanya adalah 40 orang siswa SD dari SD Muhammadiyah 10 dan SD Muhammadiyah 23, sedangkan pelatihan Guru UKS diikuti oleh 5 orang Guru tetap dari masing-masing sekolah sehingga total peserta pelatihan adalah 10 orang Guru dari SD Muhammadiyah 10 dan SD Muhammadiyah 23. Acara pelatihan dikemas dalam metode yang menarik dan tidak kaku, dimana pemaparan materi diselingi dengan praktiknya secara langsung sehingga peserta tidak bosan dan dapat menerima materi pelatihan dengan cara yang menyenangkan. Terlihat dari antusiasnya para peserta mengikuti seluruh rangkaian tahapan pelatihan dengan penuh semangat.

dokter-kecil-3Pada akhirnya, kegiatan Pengmas ini menghasilkan Dokter Kecil Muhammadiyah yang cerdas dan Bertaqwa Kepada Allah SWT, dimana Kami memfasilitasi para dokter kecil Muhammadiyah yang selesai mengikuti seluruh tahapan Pelatihan agar dilantik oleh Kepala Puskesmas dan ditandai dengan pemakaian seragam Dokter Kecil yang disediakan oleh Tim Pengmas FK UMSU sebagai salah satu wujud dukungan kami terhadap kemajuan pengembangan Organisasi Muhammadiyah melalui dAmal Usaha Muhammadiyai bidang Pendidikah khususnya SD Muhammadiyah 10 dan SD Muhammadiyah 23 Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *