img_1753Mahasiswa angkatan 2017 Fakultas Kedokteran UMSU mengadakan Pengabdian Masyarakat yang merupakan bagian dari program Keluarga Binaan Kesehatan(KBK). Kegiatan ini bertema “Kenali, Ketahui, dan Cegah Resiko Gagal Jantung.” Kegiatan ini adalah kegiatan kedua kali yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017, dimana sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2018. Kegiatan ini melibatkan ratusan peserta yang terdiri dari seluruh mahasiswa FK UMSU Angkatan 2017, pimpinan Fakultas Kedokteran UMSU, Dosen FK UMSU, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, para keluarga binaan FK UMSU sert masyarakat yang berdomisili disekitar lokasi acara kegiatan. Pimpinan FK UMSU yang hadir antara lain Dekan fk umsu Prof.DR.Gusbakti Rusip MSC,PKK,AIFM, Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran UMSU Dr.Elman Boy M,Kes, Ketua Program Studi Pendidikan Kedokteran FK UMSU Dr.Hendra Sutysna M,Biomed. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UMSU, dr.Ika Nopa Nasution M.Kes, dan seluruh  dosen Fakultas Kedokteran UMSU yang tergabung kedalam dosen pembimbing PKBK. Kegiatan ini juga menghadirkan seluruh keluarga yang dibina didalam PKBK ini yang berasal dari Kelurahan Titi Kuning yang berjumlah 32 Kepala Keluarga.

img_1854Kegiatan ini dilaksanakan di pelataran Masjid Al-Hidayah yang terletak di Jln. Jendral Zein Hamid No. 29 Kelurahan Titi Kuning. Metode Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan dalam waktu 1 bulan dimulai dari perencanaan kegiatan, koordinasi dengan pihak terkait, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Acara ini dilaksanakan hari Rabu, tanggal 30 Januari 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin sebagai bagian dari proses akademis berupa Project Based Learning yang bertujuan meningkatkan ketrampilan berkomunikasi, kepemimpinan, kerjasama mahasiswa dan meningkatkan kreativitas serta kemampuan mahasiswa dalam mengorganisir sebuah kegiatan. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan Ketrampilan Klinis Dasar yang sudah dipelajari mahasiswa pada perkuliahan di Fakultas Kedokteran UMSU.

img_1752Dari sisi masyarakat kegiatan ini sebagai upaya Institusi pendidikan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat secara umum, dan mencegah penyakit Jantung dan Pembuluh darah secara khusus.

Kegiatan ini dibentuk dengan 11 bagian yang terdiri dari : ketua panitia : Tisya Syarie,wakil ketua: Kaisar Balemun Harahap,sekretaris: Cindy Azzahra freeman, bendahara:Amaliyah Haq,ketua acara: Muhammad Hendrata,ketua konsumsi:Dinda Etika Sury,ketua perkab: Muhammad Zovi Andana,ketua pubdok:Garbie Syahly Agung,ketua keamanan:Muhammad Iqbal Hanif, serta ketua humas: Oche Axena Yulhan. Pelayanan yang diberikan ke masyarakat berupa pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kolestrol,dan penyuluhan kesehatan untuk resiko gagal jantung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *