10-1Dua orang mahasiswa National Taipei University of Nursing and Health Science  (NTUNHS) negara Taiwan berkunjung ke Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Mereka adalah Wen Yu Chen alias Tiara dan Yi Shan Chen (Shelly) yang saat ini masih berada di second grade atau semester 4. Kedua mahasiswi NTUNHS yang berusia sekitar 20 tahun ini datang berkunjung ke FK UMSU dalam rangka kunjungan balasan atas keikutsertaan beberapa orang mahasiswa FK UMSU pada  Chinese Traditional Medicine Course Program yang dilaksanakan di kampus NTUNHS Taiwan pada bulan Juli tahun 2018 yang lalu.

Selama dalam kunjungannya ke FK UMSU, Tiara dan Selly mengikuti kegiatan tour campus, city tour dan mengikuti kegiatan kursus keterampilan klinis di Fakultas Kedokteran UMSU. Kegiatan tour campus antara lain mengunjungi laboratorium anatomi, histologi dan laboratorium mikrobiologi, ruang auditorium FK serta pusat kebugaran di lantai 5  FK UMSU. Kegiatan city tour dilaksanakan antara lain menikmati kuliner khas Medan dan mengunjungi lokasi pariwisata favorit di Kota Medan, antara lain mengunjungi Istana Maimun, Kediaman Chong Afi dan Masjid Raya Al Mashun di Medan. Selain itu kedua mahasiswi ini juga diberi kesempatan untuk mengikuti proses belajar keterampilan klinis dokter di FK UMSU.

Dalam kunjungan ini hadir mendampingi para mahasiswi dari NTUNHS Taiwan ini antara lain Dekan dan Wakil Dekan III FK UMSU, Unit Kemahasiswaan FK UMSU, Kepala Lembaga Kantor urusan Internasional UMSU dan seorang mahasiswa dari FK UMSU. Dalam sambutannya dekan FK UMSU, Prof. Gusbakti Rusyip, MSc, AIFM, menyatakan selamat datang kepada para mahasiswa dan berkomunikasi dengan mereka dengan menggunakan bahasa Hokkian dan bahasa Inggris. Para mahasiswa Taiwan ini sangat gembira dengan sambutan tersebut. Wakil Dekan III FK UMSU, dr Elman Boy, M. Kes, bersama ketua LKUI UMSU, dr. Eka Airlangga, Sp.A dan dr. Nanda Sari Nuralita Sp,KJ selanjutnya membawa mmahasiswa Taiwan ini mengunjungi Laboratorium anatomi FK UMSU. Dr Hendra Sutisna, M. Biomed menyambut dengan hangat para delegasi di laboratorium anatomi dengan memperkenalkan media belajar, manikin dan metode belajar mahasiswa FK UMSU kepada mereka. Setelah itu para mahasiswi Taiwan tersebut dibawa campus tour dan city tour bersama dengan Syuhada, S. Kes, mahasiswi FK UMSU di damping dr, Nanda Sari. Setelah selesai mengikuti kegiatan acara penutup dilakukan dengan foto bersama dan penyerahan cenderamata dari FK UMSU dan LKUI UMSU kepada delegasi Taiwan dan adapula cendermat yang dititipkan untuk pimpinan Fakultas mereka di NTUNHS Taiwan.

6Kunjungan balasan dari Universitas NTUNHS Taiwan ini merupakan realisasi dari penandatanganan kerjasama yang telah dilaksanakan antara Univeritas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan Universitas UNTHS pada tahun 2018 yang lalu. Sebelumnya, pada Juni 2018 beberapa orang delegasi dari UNTHNS Taiwan yang terdiri dari pimpinan Fakultas dan dosen telah berkunjung ke Fakultas Kedokteran UMSU dan menandatangani kerjasama bilateral. Selanjutnya pada bulan Juli 2018, FK UMSU mengirimkan 5 orang mahasiswa di dampingi dr. Elman sebagai wakil dekan III bidang kemahasiswaan FK UMSU untuk mengikuti kegiatan summer course berupa Chinese Traditional Medicine di kampus UNTNHS di Taiwan. Pada masa mendatang FK UMSU berencana untuk melaksanakan summer course dan mengundang mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Universitas National Teipei untuk datang ke Medan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *