yudisiumfk-1024x683

Mahasiswa Fakuktas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) terbanyak lulus uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter (UKMPPD) yakni mencapai 80 persen. Tingkat kelulusan mahasiswa FK UMSU dalam ujian kompetensi ini merupakan yang terbaik di Sumatera Utara untuk PTN dan PTS priode Februari 2019.

Yang lebih membanggakan lagi adalah, dari semua mahasiswa FK UMSU yang ikut UKMPPD, 80 persen berhasil lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Bagi kita tentunya ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan, ujar Dekan FK UMSU Prof Dr Gusbakti disela Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XVII. Sebanyak 118 dokter mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, Sabtu (6/4).

Dijelaskan dekan, Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XVII ini merupakan yang paling besar dan terbaik, yakni diikuti 118 peserta. Selain itu mahasiswa dan dosen FK UMSU juga sukses meraih penghargaan.

Prosesi Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XVII ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Dekan FK UMSU oleh Wakil Dekan I dr Masliana Siregar tentang Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XVII terhadap 118 mahasiswa yang lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) diadakan Kemenristek Dikti.

Kemudian, 118 lulusan mengucapkan sumpah dokter yang dipimpin oleh ustadz Maulana Siregar di hadapan Rektor UMSU Dr Agussani MAP, WR III Dr Rudianto MSi, Dekan FK UMSU Prof Dr Gusbakti, WD I dr Masliana Siregar, WD II dr Elman Boy MKes FIS-PH, serta para orangtua lulusan dan undangan lainnya yang berhadir.

Memasuki acara puncak prosesi Yudisium, Rektor menandatangani naskah sumpah dokter, kemudian menyerahkan naskah sumpah dan medali kepada 118 lulusan dokter. Rektor juga menyerahkan cenderamata kepada lulusan terbaik dr. Nurlina Setiadi.

Kepada para dokter yang baru disumpah, Prof Gusbakti berpesan agar menjadikan profesi dokter bukan hanya sebagai pekerjaan semata, tetapi lebih utama sebagai ladang ibadah.

Rektor UMSU, Dr Agussani MAP dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan selamat kepada 118 dokter yang telah berhasil menuntaskan studinya di FK UMSU.

Kemudian, secara khusus Rektor menuturkan kabar gembira terkait kesuksesan UMSU baru-baru ini meraih capaian Akreditasi Institusi dengan peringkat A.

Dijelaskannya, dari 4 ribu lebih Perguruan Tinggi (negeri dan swasta) yang ada di Indonesia, tercatat baru sekitar 80 saja yang berhasil meraih Akreditasi A. Dengan raihan ini menjadikan UMSU sebagai satu-satunya PTS di Sumatera yang meraih Akreditasi A. Sedangkan untuk di luar pulau Jawa adalah adalah yang kedua, katanya.

Karena itu, kata Agussani, para peserta Yudisium dan Pengangkatan Sumpah Dokter Angkatan XVII ini pantas berbahagia dan bangga, karena berhasil menyelesaikan studinya bertepatan dengan keberhasilan UMSU meraih Akreditasi.

Tentunya ini momentum yang sangat istimewa, dimana saat wisuda nanti di ijazah yang akan kalian terima akan tercantum tulisan sebagai lulusan dari universitas yang peringkat Akreditasi Institusi nya A, sebutnya.

yudisium2-1024x683

Agussani kemudian mengucapkan apresiasinya kepada pimpinan FK UMSU, karena apa yang diraih sekarang merupakan bentuk pencapaian dari perjuangan panjang yang disertai tekad dan semangat yang kuat untuk meraihnya. Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan fakultas atas dasar rasa kebersamaan dan juga dedikasi pada universitas. Bangun tersus kebersamaan dan raih terus prestasi, ujarnya.

Lanjut Rektor, saat ini unuversitas sedang konsen dalam peningkatan kualitas dan fasilitas dengan mengikuti perkembangan-perkembangan secara internasional.

Ia berharap, nantinya lulusan FK UMSU, dengen segenap kompetensi dan kekhasannya sebagai dokter Islami benar-benar diperhitungkan dan menjadi pelopor penyambung lidah UMSU kepada masyarakat. Dan jika sudah sukses nantinya mengabdi di tengah-tengah masyarakat, jangan lupa ya sama almamater, harapnya.

Khusus kepada para orang tua dan wali para peserta Yudisum, Rektor mengucapkan terimakasih karena telah mempercayai UMSU, dalam hal ini FK UMSU, sebagai tempat bagi anak-anaknya menimba ilmu pengetahuan.

Terima kasih atas kepercayaan bapak dan ibu. Kedepan kita akan berkomitmen akan merawat kepercayaan ini dengan terus berikhtiar meningkatkan kualitas lembaga pendidikan yang sama-sama kita cintai ini, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *