Tim dari Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Uara (FK UMSU) terdiri dari Wakil Dekan III, Dosen dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Komisariat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) melaksanakan pengabdian masyarakat pada acara Milad Muhammadiyah Ke-107 dan Aisyiyah Ke-105 yang digelar oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Medan Johor di Masjid Taqwa gang Sado Kelurahan Titi Kuning Kecamatan Medan Johor.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 17 November 2019. Kegiatan ini diikuti oleh lima orang dosen FK UMSU yaitu, dokter Haji Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM, AIFO (K) (wakil dekan III FK UMSU), dokter Desi Isnayanti, MPd.Ked (Sekretaris Prodi Kedokteran UMSU), dokter Ance Roslina, M. Kes, dokter Cut Mourisa, M. Biomed dan dokter Melviana Lubis, M. Biomed. Hadir pula dalam kegiatan ini ketua dan sekretaris IMM FK UMSU beserta belasan anggota bidang SPM PK IMM FK UMSU.

Tim FK UMSU melaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan laboratorium secara gratis kepada masyarakat. Penyuluhan kesehatan yang diberikan mengenai topik mengenali dan menghindari penyakit diabetes mellitus. Pemeriksaan kesehatan yang diberikan mulai dari konsultasi kesehatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah serta asam urat. Kegiatan ini di hadiri oleh ratusan masyarakat yang berada di kecamatan Medan Johor dan sekitarnya.

Hal ini menegaskan komitmen UMSU untuk memberikan pengabdian masyarakat secara profesional kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini secara regular dilaksanakan oleh UMSU tidak hanya di Kota Medan namun sampai di luar Propinsi Sumatera Utara.

Panitia Milad Muhammadiyah Medan Johor mengucapkan terimakasih kepada Rektor UMSU dan seluruh pimpinan Fakultas Kedokteran UMSU serta tim Tim Medis lainnya yg telah membantu terlaksananya bagian kegiatan Milad Muhammadiyah cabang Medan Johor.

Sahala Tua Hutagalung sebagai Ketua Panitia Milad Muhammadiyah Ke-107 dan Aisyiyah Ke-105 Medan Johor mengungkapkan bahwa kerjasama yang kuat di Persirakatan Muhammadiyah menyebabkan Muhammadiyah bisa bertahan selama Satu Abad lebih. Hal ini di dorong oleh  Pimpinan Muhammadiyah memiliki Ruhul Ikhlas yang Tinggi. Tidak ada satupun Pimpinan di Muhammadiyah yang di Gaji mulai dari Ranting sampai Pusat. Semoga kita Tetap menjaga nilai-nilai Keikhlasan ini. Demikian diuangkapkan beliau.

Wakil Dekan III FK UMSU, dr. H. Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM, AIFO (K) menjelaskan, pelaksanaan pengabdian masyarakat di Kecamatan Medan Johor merupakan komitmen FK UMSU untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Semangat untuk senantiasa memberikan yang terbaik kepada masyarakat menjadi motivasi tersendiri dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. “kita bersyukur bahwa pelaksanaan pengabdian masyarakat oleh tim FK UMSU ini berjalan dengan lancar. Komitmen FK UMSU untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan kualitas terbaik melengkapi upaya FK UMSU untuk tetap menjadi yang terbaik dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi” ungkap WD 3 FK UMSU dr. H. Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM, AIFO (K) di Kampus Jalan Gedung Arca, Senin (18/11).

Pimpinan FK UMSU juga memberikan apresiasinya kepada bidang pengabdian masyarakat FK UMSU dan seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Medan Johor. Kami memberikan apresiasi kepada seluruh bidang pengabdian masyarakat FK UMSU dan seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Medan Johor. Bangun terus kebersamaan dan raih terus prestasi, ujarnya.

Lanjut WD 3, saat ini FK UMSU sedang berkonsentrasi untuk mempersiapkan akreditasi yang insya Allah akan dilaksanakan pada awal tahun 2020. FK UMSU terus berupaya dengan sungguh-sungguh dan kerja keras untuk mewujudkan cita-cita menjadi fakultas kedokteran yang terakreditasi A di Sumatera Utara.

“Prestasi di bidang pengabdian masyarakat serta sukses FK UMSU meraih akreditasi B secara berturut-turut sejak kali pertama menjalani akreditasi merupakan wujud kebersamaan yang tidak terlepas dari komitmen dan kerja keras semua pihak dari tingkatan pimpinan universitas sampai prodi serta dukungan stakeholder. Kita bersyukur atas capaian prestasi yang diperoleh FK UMSU ini” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *