Prof. Dr.H.Gusbakti Rusip, M.Sc, PKK, AIFM, AIFO-K yang juga merupakan dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK UMSU) melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tridharma perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka realisasi Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah tahun 2020 bekerja sama dengan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBM FK UMSU). Kegiatan ini di gagas oleh wakil dekan 3 FK UMSU yaitu dr. Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM, AIFO-K yang juga sekaligus menjadi pembina TBM FK UMSU. Acara dikemas dalam bentuk seminar online pada Ahad (21 Juni 2020). Acara ini dihadiri oleh para pemuda yang tergabung di dalam TBM FK UMSU.

Prof Gusbakti yang juga merupakan sekretaris Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) wilayah I yang melingkupi seluruh propinsi di pulau Sumatera, menyajikan materi yang berjudul menjaga well being melalui exercise selama PSBB. Pada sajiannya, Prof Gusbakti menyampaikan olah raga semestinya dilakukan secara rutin oleh para pemuda.  Beliau mengajak para hadirin untuk melakukan olah raga yang disenangi masing-masing. Beliau memaparkan olah raga berbeda dengan aktivitas sehari-hari, karena olah raga harus mengikuti aturan tertentu,terprogram dan terstruktur seperti lamanya waktu pelaksanaan, intensitas, frekwensi dan gerakan yang dilakukan. Beliau menjelaskan bahwa olah raga yang mampu meningkatkan kebugaran fisik adalah yang dilakukan pada intensitas sedang yakni dengan mencapai 60-70 % dari denyut nadi maksimal seseorang. Prof Gusbakti yang juga merupakan pakar fisiologi olah raga ini juga menyampaikan bahwa melakukan olah raga untuk mencapai kebugaran tidak harus menggunakan alat-alat yang mahal, bahkan perabotan di rumah seperti kursi dapat dilakukan sebagai media olah raga. Beliau menjelaskan bahwa dari aspek fisologis, olah raga terprogram mampu merangsang zat neurotransmiter yang di otak seperti endorfin, seotonin sehingga membuat hati kita menjadi kebahagiaan, percaya diri meningkat sehingga motivasi seseorang dalam belajar dan bekerja lebih baik diharapkan lebih berprestasi. Sebelumnya, dekan FK UMSU yang juga menjadi koordinator fakultas kedokteran swasta wilayah 1 se Sumatera ini juga telah mempresentasikan materi serupa dihadapan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Sumatera yang tergabung di dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI). 

Dalam sambutannya wakil dekan 3 FK UMSU menyampaikan bahwa FK UMSU baru-baru ini memperoleh akreditasi A (unggul) untuk dua program studi (Prodi) yang ada di FK UMSU, yakni prodi Pendidikan dokter dan prodi profesi dokter dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) yang baru mendapat pengakuan International (Word Federation of Medical Education), yakni dengan skor yang sangat tinggi. Menurut Elman, perolehan nilai akreditasi yang prestisius ini menempatkan FK UMSU menjadi fakultas kedokteran swasta terbaik di Pulau Sumatera. Elman yang juga sebagai koordinator kerjasama Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (APKKM) menyampaikan bahwa saat ini baru ada dua dari dua belas FK Muhammadiyah se Indonesia yang memperoleh akreditasi A, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa akreditasi A tersebut akan terukir di ijazah para mahasiswa yang telah menempuh sarjana kedokteran dan profesi dokter. Beliau juga menjelaskan hasil akreditasi ini akan memberikan peluang besar bagi FK UMSU untuk membuka prodi kedokteran lainnya. Elman yang bertugas di bidang kemahasiswaan FK UMSU ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa FK UMSU baik ditingkat regional, nasional bahkan internasional  yang telah memberikan kontribusi besar bagi capaian akreditasi FK UMSU saat ini. Elman yang juga membidangi sarana dan prasarana FK UMSU menyebut saat ini FK UMSU sedang melaksanakan pembangunan penambahan fasilitas berupa Gedung baru sebanyak 7 lantai untuk menunjang peningkatan kenyamanan proses tridharma perguruan tinggi di FK UMSU.

Ketua TBM FK UMSU, Khofifah dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti lebih dari 50 orang peserta yang terdiri dari kader-kader TBM yang masih aktif maupun yang sudah dimisioner. Khofifah menuturkan bahwa TBM FK UMSU memiliki berbagai program pengabdian masyarakat di era pandemic Covid 19 ini antara lain distribusi masker dan kampanye Kesehatan kepada masyarakat. Khofifah menjelaskan bahwa TBM sangat bangga bisa memberikan pendampingan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh UMSU untuk peningkatan status kesehatan masyarakat, yang sejalan dengan visi misi FK UMSU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *