Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang merupakan tridharma perguruan tinggi, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara memberikan edukasi menyukuri nikmat struktur dan fungsi sistem pernafasan dalam upaya meningkatkan mengetahuan tentang pencegahan covid 19 Menyongsong New Normal live pada ibu- ibu salimah Deliserdang, Senin 22/6/2020)

Kegiatan yang berlangsung secara virtual melalui zoom meeting dibuka langsung ketua Salimah deliserdang, Yenni Febrianti dan diikuti oleh seluruh pengurus cabang salimah deliserdang.

Ketua tim pelaksana dr. Des Suryani, M. Biomed memaparkan, kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyahyang bertujuan untuk memberikan gambaran betapa pentingnya Menyukuri karunia Allah yaitu sistem pernafasan sehingga bisa lebih mengetahui bagaimana menjaganya termasuk  pencegahan covid 19, Pendekatan keagamaan untuk melakukan pencegahan Covid dengan menyukuri nikmat itu maka langkah2x pencegahan akan terasa ringan dilakukan karena efek dari rasa syukur ini adalah amal yaitu menjaga karunia Allah yang telah dititipkan kepada manusia.  Covid 19 telah menimpa negeri ini semenjak 3 bulan yang lalu, namun sampai saat ini belum tampak tanda2x akan reda. Hal ini menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan masyarakat yaitu masalah ekonomi, sosial dan budaya. Pemerintah telah memberi arahan bahwa dalam menjalani kehidupan semasa wabah masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh WHO, yaitu pake masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan, namun pelaksanaan protokol ini terlihat belum konsisten dimasyarakat, terlihat masih belum terkontrolnya kasus covid 19 di medan, untuk itu edukasi ini diharapkan menjadikan masyarakat semakin banyak yang sadar tentang pencegahan penyakit ini.

Sementara itu, Ketua salimah deliserdang menyambut baik dan antusias kegiatan yang dilakukan oleh dosen FK UMSU. Dia juga mengucapkan terima kasih pada tim dosen dan mahasiswa FK UMSU yang telah bersedia memberikan edukasi yang mengaitkan kedokteran dengan islam ini sehingga lebih mudah dicerna dan diamalkan.

Pada kegiatan virtual ini, turut pula mendampingi dr. Elman Boy, M. Kes, FIS-PH, FIS-CM, AIFO-K, selaku anggota tim pelaksana. Elman yang juga merupakan wakil dekan 3 FK UMSU menyampaikan bahwa FK UMSU baru-baru ini memperoleh akreditasi A (unggul) untuk dua program studi (Prodi) yang ada di FK UMSU, yakni prodi Pendidikan dokter dan prodi profesi dokter dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) yang baru mendapat pengakuan International (Word Federation of Medical Education), yakni dengan skor yang sangat tinggi. Menurut Elman, perolehan nilai akreditasi yang prestisius ini menempatkan FK UMSU menjadi fakultas kedokteran swasta terbaik di Pulau Sumatera. Elman yang juga sebagai koordinator kerjasama Asosiasi Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (APKKM) menyampaikan bahwa saat ini baru ada dua dari dua belas FK Muhammadiyah se Indonesia yang memperoleh akreditasi A, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa akreditasi A tersebut akan terukir di ijazah para mahasiswa yang telah menempuh sarjana kedokteran dan profesi dokter. Beliau juga menjelaskan hasil akreditasi ini akan memberikan peluang besar bagi FK UMSU untuk membuka prodi kedokteran lainnya. Elman yang bertugas di bidang kemahasiswaan FK UMSU ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa FK UMSU baik ditingkat regional, nasional bahkan internasional  yang telah memberikan kontribusi besar bagi capaian akreditasi FK UMSU saat ini. Elman yang juga membidangi sarana dan prasarana FK UMSU menyebut saat ini FK UMSU sedang melaksanakan pembangunan penambahan fasilitas berupa Gedung baru sebanyak 7 lantai untuk menunjang peningkatan kenyamanan proses tridharma perguruan tinggi di FK UMSU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *