Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Sukses Melaksanakan Kegiatan MOFU 2021 di Masa Pandemi. Minggu, (17/01/21)

Medical Olympiad Fakultas Kedokteran UMSU (MOFU) adalah acara perlombaan yang diadakan khusus bagi mahasiswa-mahasiswa kedokteran di FK UMSU. Namun ada yang berbeda pada acara MOFU tahun ini dengan acara MOFU di tahun-tahun sebelumnya, yang dikarenakan pada tahun ini adanya pandemi COVID-19 maka tidak semua keseluruhan acara dilakukan secara tatap muka/luring (luar jaringan), namun ada yang dilakukan secara luring (luar jaringan) dan pada saat kegiatan-kegiatan perlombaan yang dilakukan secara luring.

Kegiatan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Acara MOFU tahun 2021 ini dibuka secara daring pada tanggal 14 Januari 2021 oleh  Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) yaitu Dr. Rudianto, S.Sos., M.Si.

Wakil Rektor III memberi sambutan

Kemudian kegiatan perlombaannya sendiri dimulai pada tanggal 15 – 17 Januari 2021.  Pada tahun ini MOFU memiliki 6 cabang perlombaan, yaitu neuropsychiatry, musculoskeletal, gastroenterohepatology, uroreproduction, tropical medicine dan cardiorespiratory.  

Peserta LCT

Alur kegiatan ini ialah dimulai dari Setelah mahasiswa mendaftar, mahasiswa akan melewati beberapa tahap yaitu babak penyisihan (ujian tulis dan ujian praktikum/OSPE) ynag dilakukan secara daring melaui E-learning dan diawasi oleh panitia pengawas melalui zoom meeting selama kegiatan ujian berlangsung, babak semifinal (ujian tulis dan ujian keterampilan/OSCE dan OSPI) dilakukan secara luring di kampus I FK UMSU dan babak final (SOCA-PH dan lomba cepat tepat/LCT) juga dilakukan secara luring di kampus FK UMSU.

Peserta OSCE

Dari 81 orang yang mendaftar, didapatkan 42 semifinalis, 23 orang finalis dan 12 orang juara dari 6 cabang perlombaan. Nama- nama orang yang menjuarai MOFU pada tahun 2021 diantaranya:

Cabang Neuropsychiatry:

Juara 1 : Shofiah Rahma Harahap

Juara 2 : Fadhlullah Asykari Sibagariang

Cabang Gastroenterohepatology :

Juara 1 : Chairunnisa Karim Chan

Juara 2 : Afdila Sandi Tanjung

Cabang Musculoskeletal :

Juara 1 : Cindy Oktavia Siregar

Juara 2 : Muhammad Taufiq Al Hakim

Cabang Cardiorespiratory:

Juara 1 : Qurratu Kasturi Jml

Juara 2 : Nadianty Az Zahrah

Cabang Tropical Medicine :

Juara 1 : Anisa Fadmadani

Juara 2 : Indira Alini

Cabang Urogenital-Reproduction:

Juara 1 : Ratu Kisi Nabila

Juara 2 : Yusmawati Yusran

Wakil Dekan I memberian medali, sertifikat kepada pemenang MOFU 2021

Setelah Acara MOFU selesai maka mahasiswa – mahasiswa yang lulus hingga babak semifinal juga mendapatkan bimbingan khusus untuk cabang masing-masing yang akan dibimbing oleh ekspert, dimana nantinya 2 orang dengan nilai tertinggi akan melanjutkan perlombaan regional hingga nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *