Mobile menu

SK AKREDITASI BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI (BAN-PT)
NOMOR : 030/BAN - PT/Ak-SURV-III/S/XII/2012

  • VTEM Image Show
  • VTEM Image Show

fk4FK UMSU Mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yaitu berupa pemeriksaan PAP SMEAR yang diadakan di Puskesmas Tegal Sari Mandala Medan. Kanker leher rahim adalah keganasan dari leher rahim (serviks) yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus). Di seluruh dunia, penyakit ini merupakan jenis kanker kedua terbanyak yang diderita perempuan, yang menyebabkan 276.961 kematian pada tahun 2008, 90% diantaranya terjadi di negara berkembang. Di Indonesia, kanker leher rahim merupakan keganasan yang paling banyak ditemukan dan merupakan penyebab kematian utama pada perempuan dalam tiga dasa warsa terakhir. Diperkirakan insidens penyakit ini adalah sekitar 100 per 100.000 penduduk. Di Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, 39,5% penderita kanker pada tahun 1998 adalah kanker leher rahim.

Faktor resiko terjadinya kanker ini adalah melakukan hubungan seksual pertama kali pada usia muda rata-rata berusia 15-20 tahun, hubungan seksual ganda, aktif secara seksual di usia muda, penyakit menular hubungan seksual, memiliki pasangan yang tidak disirkumsisi dan menderita kanker penis. Hal ini merupakan faktor penting terjadinya infeksi virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual.

Program pengendalian kanker leher rahim telah digalakkan oleh pemerintah 5 tahun terakhir berorientasi pada program WHO yang menggariskan 4 komponen penting dalam penanganan kanker leher rahim nasional yaitu pencegahan primer, deteksi dini melalui peningkatan kewaspadaan dan program skrining yang terorganisasi, diagnosis dan tatalaksana, serta perawatan paliatif untuk kasus lanjut.

Deteksi dini kanker leher rahim meliputi program skrining yang terorganisasi dengan target pada kelompok usia yang tepat. Beberapa metode skrining yang dapat digunakan adalah pemeriksaan sitologi berupa Pap tes konvensional atau sering dikenal dengan Tes Pap dan pemeriksaan sitologi cairan (liquid-base cytology /LBC), pemeriksaan DNA HPV, dan pemeriksaan visual berupa inspeksi visual dengan asam asetat (IVA) serta inspeksi visual dengan lugol iodin (VILI). IVA dan VILI sudah dilakukan melalui Program Nasional Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara tahun 2008 tapi sejauh ini belum memperlihatkan hasil yang memuaskan.

Mengingat semakin meningkatnya angka insidensi kanker leher rahim dari tahun ke tahun yang juga akan meningkatkan beban ekonomi dan sosial masyarakat dan negara, maka Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera melakukan deteksi dini dengan skrining Pap Smear, diagnosis dan konseling pasien kanker leher rahim dengan pemeriksaan Pap Smear. Program ini yang dilakukan dengan bantuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Internal pendanaan tahun 2014 yang memanfaatkan tenaga mahasiswa terlatih untuk melakukan penyuluhan dan pemeriksaan Pap dan tenaga dosen patolog yang akan mendiagnosis secara cepat. Diharapkan program ini akan membantu program pemerintah dalam usaha promotif dan pencegahan dalam upaya pengendalian kanker leher rahim di kota Medan.

fk5

Susunan kepanitiaan:

  1. dr. Humairah Medina Liza Lubis, M.Ked.(PA), Sp.PA        Koordinator
  2. dr. Des Suryani, M.Biomed                                                    Narasumber
  3. Emni Purwoningsih, S.Pd, M.Kes                                          Narasumber
  4. dr. Nanda Bagus Pratiktyo                                                      Moderator
  5. Fildzah Zhafira Yumna                                                           Anggota
  6. Annisa Habny                                                                         Anggota
  7. Yati Sriati                                                                                Anggota
  8. Asri Hajar                                                                                Anggota
  9. Dwi Ariska                                                                              Anggota
  10. Ahri Maulida, S.Si                                                                  Laboran
  11. Asrar Aspia Manurung                                                            Publikasi