LANDASAN PENGEMBANGAN

 

Unit Penelitian, Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (UP3M) Fakultas Kedokteran UMSU dibentuk sebagai unsur penunjang fakultas yang bertujuan untuk pembinaan dan pengelolaan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan secara mandiri maupun bekerja sama dengan lembaga lain yang dilakukan oleh dosen-dosen FK UMSU maupun institusi.

UP3M FK UMSU secara struktural bertanggung jawab kepada pimpinan  Fakultas Kedokteran UMSU yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor UMSU Nomor 3586/KEP/II.3-AU/UMSU/D/2016 tanggal 28 Nopember 2016, serta berkoordinasi dengan LP2M UMSU.

 

Pengurus UP3M FK UMSU Periode Tahun 2016 – selesai adalah sebagai berikut:
Ketua                            : dr. Humairah Medina Liza Lubis, M.Ked.(PA)., Sp.PA
Sekretaris                     : dr. Muhammad Jalaluddin Assuyuthi Chalil, M.Ked.(An)., Sp.An
Anggota                        : Emni Purwoningsih, S.Pd., M.Kes
Staff Administrasi      : Popon Azhari

img-20170312-wa0025

 

VISI, MISI DAN TUJUAN

 

  1. Visi

Menjadi pusat unggulan bagi pendidikan kedokteran dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan sumber daya manusia yang profesional dan berorientasi komunitas berdasarkan nilai-nilai al-Islam dan kemuhammadiyahan di Indonesia pada tahun 2030

 

  1. Misi
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berlandaskan nilai Islam sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah.
  • Menyelenggarakan pendidikan kedokteran bermutu dan profesional yang terakreditasi A di Indonesia.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran melalui penelitian dan pelatihan mulai dari tingkat lokal, regional, nasional dan internasional, dalam rangka memecahkan masalah kesehatan masyarakat.
  • Menyelenggarakan program pengabdian masyarakat berkelanjutan yang berorientasi komunitas.

 

 

  1. Tujuan
  • Menghasilkan dokter yang memegang teguh nilai Islam dalam setiap sikap dan tindakan dan menguasai wawasan kedokteran Islam.
  • Menghasilkan dokter yang berkompeten sesuai dengan standar kompetensi dokter Indonesia.
  • Menghasilkan dokter yang selalu mengikuti perkembangan ilmu kedokteran dan menjalankan praktik kedokteran berdasarkan bukti (evidence based medicine).
  • Menghasilkan dokter yang mampu melaksanakan penelitian lokal hingga internasional dalam rangka memecahkan masalah kesehatan masyarakat.
  • Menghasilkan dokter yang memiliki kesadaran terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat, mampu mengayomi masyarakat dalam bidang kesehatan dan berorientasi komunitas.

 

RENCANA KERJA

 

Penelitian:

1. Mensosialisasikan kegiatan penelitian baik skema pendanaan DIKTI maupun internal.
2. Mendesain dan melaksakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun proposal penelitian.
3. Merekapitulasi dan mendokumentasikan proposal, laporan kemajuan dan laporan akhir penelitian.

 

Pengabdian Masyarakat

1. Mensosialisasikan kegiatan pengmas baik skema pendanaan DIKTI maupun internal.
2. Mendesain dan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun proposal pengmas.
3. Merekapitulasi dan mendokumentasikan proposal, laporan kemajuan dan laporan akhir pengabdian masyarakat.
4. UP3M bekerjasama dengan unit kemahasiwaan mengkoordinir dan bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial/pengobatan/sunatan masal yang dilakukan mahasiswa FK UMSU.

 

Pengelolaan Jurnal

1. Mensosialisasikan, menerima, dan mereview serta merakapitulasi artikel ilmiah dosen FK UMSU yang akan terbit di jurnal FK UMSU.
2. Mendesain dan melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun artikel ilmiah yang layak masuk jurnal ditingkat loka, nasional dan internasional.