Survei Kepuasan
Survei Kepuasan dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal adalah alat yang digunakan oleh institusi pendidikan atau organisasi untuk mengukur sejauh mana layanan, proses, dan kegiatan yang disediakan memenuhi harapan dan kebutuhan pemangku kepentingan (seperti mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, mitra kerjasama, lulusan, dan pengguna lulusan).
Survei kepuasan membantu dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu institusi atau organisasi dalam berbagai aspek, seperti:
-
Kualitas Layanan: Apakah layanan yang diberikan memadai dan sesuai dengan harapan pengguna (misalnya, pelayanan administrasi, fasilitas kampus, dsb.)?
-
Proses Pembelajaran dan Pengajaran: Dalam konteks pendidikan, survei ini dapat mengevaluasi kualitas pengajaran, relevansi kurikulum, interaksi antara pengajar dan mahasiswa, serta efektivitas metode pembelajaran.
-
Kepuasan Stakeholder: Ini termasuk mahasiswa, dosen, staf administrasi, mitra kerjasama, atau pihak luar lainnya yang terlibat dengan institusi.
Gugus Penjaminan Mutu dan Unit Penjaminan Mutu FK UMSU melaksanakan survey kepuasan terhadap 6 sektor (yakni mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, mitra kerjasama, lulusan, dan pengguna lulusan, dan dalam pelaksanaannya melakukan survey:
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Layanan Kemahasiswaan
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Dosen
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Tenaga Kependidikan
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mitra Kerjasama dalam Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mitra Kerjasama Dalam Negeri
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mitra Kerjasama Luar Negeri
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Lulusan
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Lulusan (Tracer Study)
- Monitoring dan Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Program Profesi