Sejarah

Prakarsa mendirikan FK UMSU di Medan dicetuskan oleh rektor UMSU pada awal tahun 2006 dengan melakukan rangkaian pertemuan dan diskusi dengan beberapa tokoh Muhammadiyah, tokoh masyarakat dan tokoh pendidikan kedokteran di Medan. Kemudian pada pertengahan tahun 2006 dibentuk Panitia Persiapan Mendirikan Fakultas Kedokteran UMSU, diketuai oleh Rektor UMSU. Sebagai Koordinator Pelaksana Harian ditunjuk DR. Dr. H. Rosihan Anwar, MS, SpMK (almarhum) dengan anggota Dr. H. Zulkarnain Tala, SpOG, Prof. Dr. Hj. Habibah Hanum Nasution, SpPD (K), Prof. Dr.Amri Amir, SpF(K), SH dan Dr. Noermadi Saleh.

 

Pada pertengahan tahun 2008 UMSU memperoleh Ijin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan  Dokter (S1) berdasarkan surat dari Dirjen DIKTI Depdiknas RI nomor 2131/D/T2008. Kemudian

 

diangkat DR.Dr.H.Rosihan Anwar, MS, Sp.MK (almarhum) sebagai ketua program studi dan sekretaris program studi diangkat Dr. Heppy Jelita Sari Batubara. Pada pertengahan tahun 2009 DR. Dr. H.Rosihan Anwar MS, Sp.MK berpulang kerahmatullah. Rektor UMSU kemudian menunjuk Dr. Ade Taufiq, SpOG sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UMSU yang baru dan melanjutkan kepemimpinan dan pengembangan FK UMSU. Setelah 9 tahun menjadi dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, estafet kepemimpinan dilanjutkan oleh Prof. Dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc.,PKK,AIFM hingga sekarang.