Strategi Pencapaian

Secara lebih rinci kelima tahapan jangka menengah tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Tahap I 2008-2013: Konsolidasi Internal

Tahap ini fokus kepada penyiapan sumber daya dosen dan fasilitas yang mandiri milik FK UMSU, serta pelaksanaan sistem utama sebagai dasar upaya pencapaian visi dan misi. Indikator utama pada tahap ini ditekankan pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia serta terlaksananya sistem koordinasi internal institusi.

2. Tahap II 2013-2018: Penguatan Organisasi dan Tata Kelola serta Iklim Dasar

Pengembangan Program Tahap ini fokus kepada pelaksanaan sistem yang menjadi dasar upaya tercapainya kemandirian dan hubungan kerjasama, baik secara internal maupun yang melibatkan institusi lain, menetapkan landasan untuk tahap pencapaian berikutnya. Indikator utama ditekankan pada terlaksananya sistem tata kelola dan organisasi serta terciptanya atmosfer akademik, riset, dan organisasi yang sehat.

3. Tahap III 2018-2023: Pengakuan Nasional

Tahap ini fokus kepada tercapainya akreditasi A dan peningkatan prestasi insitusi di tingkat nasional. Indikator utama ditekankan pada kualitas lulusan dan peningkatan prestasi dosen dan mahasiswa di tingkat nasional.

4. Tahap IV 2023-2028: Pengakuan Regional ASEAN

Tahap ini fokus kepada peningkatan prestasi insitusi di tingkat nasional dan perluasan instituional recognition di lingkup ASEAN. Indikator utama ditekankan pada kualitas lulusan     dan peningkatan kerjasama dan perolehan hibah penelitian para tingkat regional.

5. Tahap V 2028-2033: Pengakuan Internasional dan Kemanfaatan Bagi Masyarakat

Tahap ini fokus kepada produk-produk akhir sesuai dengan visi insititusi. Indikator utama ditekankan pada hasil akhir riset yang berbasis produk bagi masyarakat serta pengakuan akan kualitas dan kemandirian institusi di tingkat internasional.